Akademik

AKADEMI

  • Sistem Kredit Semester

Sistem Kredit Semester adalam suatu system penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester yang dinyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan program semester

  1. Penilaian kemajuan dan keberhasilan belajar
  2. Peraturan mengenai penilaian kemajuan dan penyelesaian studi mahasiswa

Peraturan mengenai penilaian kemajuan dan penyelesaian studi mahasiswa didasarkan pada tiga kemungkinan sistem penilaian yang pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan sifat masing-masing mata- kuliah, yaitu sebagai berikut.

  1. Menggunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP) yaitu dengan cara menentukan batas kelulusan.
  2. Menggunakan sistem Penilaian Acuan Norma (PAN) yaitu dengan cara membandingkan nilai seorang mahasiswa dengan nilai kelompoknya.
  3. Menggunakan sistem gabungan antara PAP dan PAN, yaitu dengan menentukan batas kelulusan terlebih dahulu, kemudian membandingkan nilai yang lulus relatif dengan nilai kelompoknya.
  4. Nilai studi setiap matakuliah merupakan hasil kumulatif dari komponen tugas, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).
  5. Strategi dan metode penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa

Strategi dan metode penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa dilakukan melalui berbagai tahapan yang harus dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Penilaian kemajuan dan keberhasilan mahasiswa ditentukan oleh nilai Kehadiran, Tugas, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Adapun bobot nilai Kehadiran = 10%. Tugas = 20%, UTM = 25%, dan UAS = 40% dengan nilai mutu :

 

Rentang Nilai Huruf Mutu Angka Mutu
86,00 – 100 A 4
71,00 – 85 B 3
56,00 – 70 C 2
41,00 – 55 D 1
0,00   – 40 E 0

Khusus untuk penilaian ujian skripsi menggunakan strategi tersendiri dengan rumus; isi/materi berbobot 20%, metodologi berbobot 20%, bahasa berbobot 20%, pertanggungjawaban berbobot 30%, sikap dan kerapian 10%.

  1. Penentuan yudisium

Penentuan kelulusan (yudisium) bagi mahasiswa program studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah yaitu setiap mahasiswa yang akan mengakhiri jenjang pendidikannya harus memenuhi ketentuan jumlah dan komposisi sks yang telah ditempuh (dicapai) sebanyak 149 sks termasuk bobot skripsi 4 (enam) sks, sedangkan untuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang bersangkutan minimal 3,00 yang tercantum dalam Transkrip Akademik.